infotorial

Apri Ingin TTG Berkualitas Dan kuantitas Untuk kemajuan Bintan 

BINTAN,MEDIATRIAS.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)  Kabupaten Bintan menggelar Lomba Tekhnologi Tepat Guna 2019. Bupati Bintan Apri Sujadi mengharapkan agar teknologi tepat guna yang diciptakan harus berbasis pada kearifan lokal serta berorientasi pada kelestarian lingkungan, sehingga dalam penerapan teknologi menjaga kelestarian lingkungan sekaligus, mempertahankan nilai budaya.

 

Bergitu juga inovasi yang dilombakan tentunya mampu mempunyai dampak untuk masyarakat sehingga hasil itu akan memberikan kontribusi bagi masyarakat luas, jumat (14/6/2019).

 

“Hal yang paling penting adalah inovasi yang diciptakan harus memberikan kontribusi dan  nilai tambah ekonomi bagi pemberdayaan masyarakat. Sehingga kedepan semua teknologi akan mampu memberikan dampak yang positif di kalangan masyarakat,” kata Apri, Bupati Bintan.

Kata Apri, TTG merupakan salah satu cara atau pendekatan yang ampuh dalam mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat desa.

 

“Kita berharap sentuhan TTG mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi. Sehingga apa yang dicapai dapat terwujud,” jelas Bupati.

 

Lanjutnya, TTG tidaklah harus alat atau mesin, melainkan juga dapat beruoa teknologi proses atau oroduk yang dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan.

 

” Desa dapat melakukan pelatihan kewirausahaan yang mendukung oengolahan produk pascapanen sesuai kebutuhan masyarakat. Dengan demikian meningkatnya kualitas dan kuantitas maka produk tersebut dapat menjadi produk unggulan di bintan,” tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan pelaksanaan Lomba TTG 2019 Tingkat Kabupaten Bintan dilaksanakan selama dua hari terhitung tanggal 27 sd 28 Juni 2019 pekan depan.

 

” hingga saat ini sudah ada 15 peserta yang mendaftar. Kita masih menunggu hingga tanggal 21 Juni 2019 . Bagi yang ingin mendaftar bisa menghubungi panitia Lomba TTG 2019 Tk Kab Bintan an Budiarjo HP. 082172315329,” ujarnya di Kantor Dinas PMD Kabupaten Bintan,  Bandar Seri Bintan.

 

Ia juga menghimbau dan mengajak kepada para generasi muda baik siswa sekolah, mahasiswa maupun kelompok masyarakat untuk dapat ikut ambil bagian dalam mensukseskan acara tersebut.

 

Untuk hadiah Lomba TTG 2019 Kabupaten Bintan ; juara I akan mendapatkan 8 juta rupiah, juara II mendapatkan 6 juta rupiah, lalu juara III mendapatkan 4 juta rupiah, harapan I mendapat 2 juta rupiah.

 

“Total hadiah 25 juta 500 ribu rupiah. Nantinya juara 1 sd 3 akan diikutkan ke Lomba TTG 2019  Tingkat Provinsi Kepri,” jelas Ronny.( jo/Av)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker