News

Basarnas Persiapan Latihan Indopura Sarex XXVII/2019 Coordinator Meeting

BATAM,MEDIATRIAS. com – Gelar persiapan Indopura Sarex XXVII Tahun 2019 Coordinator Meeting antara Tim Search and Rescue (SAR) Indonesia dan Singapura bertempat di Kantor SAR Batam, jalan Rardinata Sekupang, Selasa (09/07/2019).

Adapun rapat koordinasi ini merupakan wujud kerjasama (koorporasi) bilateral SAR Indonesia dibawah naungan Direktorat Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dengan SAR negara Singapura, Rescue Komandan Center (RCC) di bidang kemanusiaan.

Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tanjung Pinang Provinsi Kepri Didi Hamzar mengatakan, bahwa agenda latihan bersama Tim SAR Indonesia dan Singapura sesuai dengan program kerjasama dengan nama Indopura tuturnya.

Didi Hamzar juga mengatakan, pada hari ini kita laksanakan rapat koordinasi perencanaan (planing) penyusunan skenario latihan bersama imbuhnya.

Dan akan Kita laksanakan pada bulan September 2019 mendatang terangnya kepada para awak media.

Ia juga menambahkan, tujuan kegiatan latihan SAR ini adalah merupakan latihan kerjasama yang ke 37 kalinya di adakan terangnya.

Rutin setiap tahun kita adakan latihan bersama. Secara organisasi di Indonesia adalah Basarnas dan dari Singapura, Rescue Cammand Center (RCC).

Ia menjelaskan, adapun agenda rapat bertumpu pada kesepakatan skenario latihan bersama. Baik itu dalam bentuk metode latihan, hinggapun dalam pengujian sistem deteksi dini, uji komunikasi dan perihal kans perhitungan SAR itu sendiri paparnya.

” Hampir sama dengan yang kita lakukan pada kejadian yang sesungguhnya, itupun ada cleringnya juga. Pada kegiatan kali ini lebih 30 orang yang mengikuti kegiatan ini serta dari SAR Indonesia dan Singapura (RCC) imbuhnya.

Didi juga menambahkan, bahwa potensi SAR seperti TNI AD, TNI AU dan TNI AL akan ikut berpartisipasi, karena operasi nyata setiap potensi pasti akan bekerjasama semua,
terangnya.

Di tempat acara yang sama juga, Direktur Air TraTraffic Service Division Singapura, Rusly M Saad menegaskan , bahwa kerja Basarnas dan RCC ini merupakan sangat penting sekali ungkapnya.

Dengan menjalankan tugas yang sama, saling bantu di dalam bidang kemanusiaan, terutama dalam kecelakaan dan kebencanaan tuturnya.

“Kerja sama diantara kedua negara ini merupakan yang ke -37 kalinya diadakan. Dan ini adalah peluang untuk mengabungkan tenaga dalam menjalankan tugas dan saling bantu membantu dalam segala peristiwa kebencanaan imbuhnya. (HD)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker