Nasional

Danlanal Ranai Pimpinan Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila 2019

NATUNA,MEDIATRIAS.com – Upacara bendera dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019. Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Seryawan, S.E. dan bertindak sebagai Komandan Upacara Dankal Sengiap II.4-55 Kapten Laut (P) Abdurrahman Santoso bertempat di Mako Lanal, Sabtu (01/06/2019) pagi.

Dalam sambutannya Danlanal Ranai membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, yang menyampaikan bahwa sungguh Pancasila adalah karunia yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945.

“Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan,” tuturnya.

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Rangkaian proses besar tersebut harus selalu diingat, dalami semangatnya dan pahami rohnya adalah tugas dan tanggung jawab rakyat Indonesia untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran.

“Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2019 ini, harus meneguhkan semangat untuk bersatu , berbagi dan berprestasi,” ujar Danlanal Ranai

Upacara dapat berjalan dengan hikmad yang di hadiri para perwira, bintara, tamtama serta segenap Pegawai Negeri Sipil Lanal Ranai yang tersusun dalam pasukan upacara sebagai, Deputasi Pamen, 1 Peleton Perwira dipimpin oleh Kapten Laut (P) Teguh Budi Santoso , dan 1 Peleton gabungan Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Ranai dipimpin oleh Letda Laut (P) Imam Mardi S. Spd. (Pen Lanal/HD)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker