News

Demi Menjaga Kedisiplinan, Pegawai Pemkab Lingga Tetap Ngantor Walau Libur Tanggal Merah

LINGGA,MEDIATRIAS.com–Dimusim penghujan para pegawai pemerintahan Kabupaten Lingga tampak tetap semangat menjalani rutinitas nya menuju kantor untuk melaksanakan pekerjaan nya sebagai pelayan bagi masyrakat, walaupun harus mengenakan jas hujan dengan menggunakan kendaraan Roda Dua, (31/5/2019).

Pada masa itu, tampak disekitaran kawasan kota dabo seluruh ruas jalan tergenang oleh air karena deras nya hujan. Begitupun dikawasan pusat perbelanjaan ikan maupun sayur mayor serta pemukiman penduduk disekitar tersebut juga digenangi Air.

Hal ini disampaikan oleh Staf Kominfo Humas Pemerintah Kabupaten Lingga, yang tak ingin disebutkan namanya, bahwa pelabuhan Kote, Jagoh, tampak para pegawai bergegas menaiki Speed boat menuju ibu kota walaupun diterpa hujan lebat yang bertepatan tanggal merah yang seharus nya libur, bahkan momen tersebut adalah bulan ramadhan dengan kondisi berpuasa.

namun karena tanggung jawab terhadap Edaran Menteri Pendaya Gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, juga berkaitan dengan keputusan bersama tiga menteri soal cuti bersama, yang mana menegaskan, bahwa dilarang bolos pada (31 Mei), sehingga semua diharuskan untuk masuk kerja seperti biasa.

Menurut yang dilansir oleh Jawapos,com, bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin menyampaikan, “30 Mei libur, namun 31 Mei itu wajib masuk, Kemudian 1 Juni wajib ikut upacara,” ujar Menteri Syafruddin di kantornya, Senin (27/5), yang kemudian dikutip oleh Mediatrias.com (31-5).

Syafruddin menegaskan, akan ada sanksi bagi PNS yang bolos. Sanksinya yakni sesuai PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Selain itu, dia juga mengingatkan bahwa semua PNS tidak boleh bolos pada 31 Mei ini, dan mewajibkan untuk mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila yang akan diperingati pada 1 Juni mendatang.

“Semuanya akan diabsen. Jadi setelah upacara, PNS bisa langsung mudik. Dan, kembali lagi bekerja pada 10 Juni” ,dipaparkan juga oleh MenPAN-RB tersebut.

Beliau mewanti-wanti PNS yang meminta cuti pada tanggal yang ditetapkan, serta tidak memberikan toleransi terkait hal itu. Sesuai surat keputusan bersama tiga menteri MenPAN-RB, Menaker dan Menag, cuti bersama mulai 3, 4, dan 7 Juni. Tanggal 5 dan 6 libur lebaran, 8-9 Juni libur Sabtu-Minggu.

“Di luar tanggal itu PNS enggak boleh bolos. Kan sudah dikasih THR satu bulan gaji penuh lengkap dengan tunjangan. Jadi jangan sampai tambah-tambah liburnya” ,juga ditegaskan Nya.

Maka dari itu, dibeberapa OPD pelayanan pemerintahan tetap berjalan seperti biasa, bahkan menurut informasi yang beredar bahwa ada hal yang sangat luar biasa adalah pegawai dikantor BPKAD, dimana hari ini adalah batas pengajuan untuk pencairan, baik itu anggaran kegiatan, perjalanan dinas, Tunjangan Daerah, serta Tunjangan Hari Raya dan lain sebagainya.

Begitu pula Bupati Lingga, Alias Wello turut mengingatkan seluruh pegawai negeri sipil (PNS), pegawai tidak tetap (PTT) dan tenaga harian lepas (THL) dilingkungan pemerintahan Kabupaten Lingga untuk tetap bekerja dan memberikan pelayanan yang bagi kepada masyarakat. Dengan demikian diharapkan kepada seluruh aparatur pemerintahan agar benar-benar melaksanakan tindakan yang disiplin dan mengindahkan himbauan dari MenPAN-RB tersebut.

Menindaklanjuti himbauan tersebut, staf dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Pemkab Lingga, telah turun ke lapangan untuk mengumpulkan absensi kehadiran seluruh aparatur pemerintahan di setiap OPD. (MC*HK)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker