infotorial

DP3KB Bintan Terapkan Laporan PIK-R Secara Online Dalam Sistem Aplikasi Siga BKKBN

BINTAN,MEDIATRIAS.com– Remaja adalah generasi penerus bangsa, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindung anak (DP3KB) Bintan selalu berupaya menjadikan remaja dibintan  terbebas dari pergaulan bebas yang yang dapat merusah diri sendiri, Selasa (12/11/2019)

Melalui pelatihan kualitas Pusat Informasi Konseling Remaja dan pelatihan pencatatan pelaporan secara online dalam Siga dengan menghadirkan narasumber BKKBN Kepri, DP3KB Bintan optimis mampu menjadikan remaja dibintan terhindar dari pergalulan bebas.

Kegiatan yang diikuti 70 peserta PIK-R dilaksanakan di hotel de Bintan Villa jalan Lintas Barat. PIK-R sudah dibentuk di 23 seklolah dan 23 pengurus yang sudah dibina dengan baik.

Kepala DP3KB Bintan Mardiah dalam  sambutannya mengatakan,  kegiatan yang memfokuskan pencatatan dan pelaporan secara online diharapkan dapat berjalan secara baik.

Lanjutnya. sebelumnya kegiatan KB sudah dijalankan secara merata di setiap kecamatan. Kemudian pada tahun ini DP3KB akan melaksanakan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) yang ditujukan kepada sekolah tingkat   SLTA.

“Sudh 23 seklolah dan 23 pengurus yang kita  bina, sekarang bagaimana mereka tinggal menuangkan laporan PIK-R tersebut secara online,” jelas Mardiah.

 

Lebih lanjut dia menerangkan, PIK R tersebut merupakan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Keluarga (PKBR) yang dikelola dari dan oleh remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang oerencanaan kehidupan berkeluarga bagibremaja serta kegiatan penunjang lainnya.

“Disini mereka yang mengelolah bagaimana hidup berkeluarga yang baik. Jadi begitu lulus sekolah SLT jangan langsung nikah, lanjutlah kuliah, di Kepri universitas banyak,  disinilah peran PIK R sangat di butuhkan,” ujar Mardia

Masih kaa dia, mengingat di era digital yang serba tetbuka,  knakalan remaja sangat rentan, merka dapat mengakses apa saja melalui HP, sehingga perlu adanya kewaspadaan terhadap remaja agar tidak salah langkah seperti sek bebas, napza, terkena HIV dan AIDS.

 

“Nah dengan adanya kegiatan seperti ini kita harapkan mereka mampu membentengi diri mereka dari hal-hal yang negativ,” tambahnya.

 

Anggota DPRD Bintan Fiven Sumanti dalam sambutannya menyampaikan, pihak DPRD sangat mendukung kegiatan tersebut, bagi masyarakat yang peduli tentang kesehatan tentunya harus didukung.

“Kami selalu mendukung kegiatan yang positif ini, jaga generasi muda dari perbuatan yang negativ, mulailah dengan pola hidup sehat, dimulai dari lingkungan, keluarga dan teman-teman,” sebutnya.

Seperti yaang diketahui, Sistem Informasi Keluarga (SIGA) yaitu seperangkat tatanan yang meliputi data, informasi, indikator, prosedur, perangkat teknologi dan sumber daya manusia yang saling berkaitan dan dikelola secara terpadu.

Siga dibangun dengan tujuan memberikan kemudahan bagi pengelola data dan informasi di seluruh tingkatan wilayah dalam hal mengelola data laporan tahunan maupun bulanan untuk sistem pelayanan KB, pengendalian lapangan serta pemutakhiran basis data keluarga Indonesia. Aplikasi ini dijalankan secara online atau website.(adv)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close