Infotainment

Festival Jong Race Tembeling Tanjung Kembali di gelar

BINTAN,MEDIATRIAS.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan kembali menggelar Lomba Festival Jong Race Utara di Pantai Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Jumat (8/3/2019).

 

Festival tersebut merupakan permainan  tradisional yang sangat menarik dan juga mudah ditemui di Riau Kepulauan, hal tersebut juga menggambarkan tentang keberanian di laut, Seyogyanya, konon sejarah permainan Jong tersebut berasal dari sebuah kegiatan ritual. Permainan tradisional rakyat khas melayu ini menjadi suatu agenda rutin dilakukan setiap tahunnya.

 

Asisten perekonomian dan pembangunan Kartini mengatakan bahwa agenda tersebut merupakan wujud perhatian pemerintah daerah atas usaha pelestarian seni dan budaya. Menurutnya, permainan perahu layar Jong merupakan permainan rakyat asli Melayu Bintan yang secara turun temurun sering diselenggarakan.

 

“Hal menarik lainnya, permainan perahu Jong tersebut juga mampu menarik perhatian wisatawan,” kata Kartini.

 

Tambahnya, permainan perahu layar Jong merupakan permainan rakyat khas Melayu Bintan yang secara turun temurun sering diselenggarakan. Kabupaten Bintan kaya dengan seni dan budaya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

 

“Ininadalah warisan leluhur kita, sehingga perlu diwariskan untuk generasi seterusnya, mari kita lestarikan budaya melayu melalui ivent wisata,” beber dia.

 

Pada jaman dulu orang-orang dari etnis Tionghoa sering memberikan sesaji ke tengah lautan. Dalam sesaji tersebut terdapat sebuah kue bernama Jong Kong. Sesaji tersebut dibawa dengan sebuah perahu kecil hingga hanyut tak terlihat lagi.

 

Perahu mini tersebut justru menarik perhatian orang Melayu yang melihatnya. Kemudian oleh orang Melayu perahu tersebut dijadikan sebagai permainan yang menyenangkan. Nama permainannya diambil dari ritual Jong Kong yang dilakukan oleh etnis Tionghoa tersebut. Perahu Jong.

 

Permainan Jong tersebut juga sering dijadikan sebuah ajang perlombaan besar yang dikenal dengan festival Jong, nantinya para pehobi Jong dari berbagai pulau akan datang untuk memeriahkan kegiatan ini.

 

Sedangkan, permainan perahu layar Jong memiliki keunikan tersendiri, dimana perahu Jong dibuat dengan kayu pilihan, dengan panjang 1,5 meter dan layar mencapai 2 meter. Ditambahkannya juga bahwa, agenda Festival Jong Race menjadi salah satu kalender pariwisata Kabupaten Bintan , guna menarik kunjungan wisatawan.

 

Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana Festival Jong Race Pantai Keter Tembeling Tanjung, Muhammad Nur, mengatakan bahwa Festival Jong Race tersebut, ada ratusan peserta Jong yang berasal dari berbagai daerah sudah yang ikut berlomba.

 

“Dalam pennyelenggaraan Festival tersebut harus bisa melihat kondisi cuaca yang harus memili angin, karena dalam perlombaan tersebut menggunakan angin dalam pertantingan Jong Race untuk sampai ke tujuan perlombaan,”pungkasnya. (Jo/Av)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close