News

Gubernur Kepri H.Isdianto serahkan piagam Adiwiyata kepada 6 Sekolah Kabupaten Natuna

TANJUNG PINANG,MEDIATRIAS.com – Prestasi Gemilang kembali di raih Dunia Pendidikan di Natuna . Tidak tanggung tanggun 6 Sekolah Tingkat SD dan SMP Kabupaten Natuna raih Piagam Penghargaan Adiwiyata dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau .

Dalam kegiatan itu turut hadir Bupati Natuna H.Hamid Rizal yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Natuna Suherman, SH. dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boy Wijanarko.Acara penyerhan Piagam Adiwiyata langsung diserahkan oleh  Gubernur Kepri H.Isdianto bertempat di Hotel Comfort Batu 11 Tanjungpinang , Senin (02/12/2019) .

Adapun ke enam Sekolah Tingkat , SD dan SMP Natuna penerima Piagam Penghargaan Adiwiyata dari Gubernur Kepri H.Isdianto yaitu,
SMPN 1 Bunguran Batubi, SDN 005 Sepempang Bunguran Timur, SDN 001 Harapan Jaya Bunguran Tengah, SMPN 1 Bunguran Timur Laut, SMPN 1 Bunguran Selatan dan SMPN 1 Pulau Tiga Barat.

Semula ada tujuh Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Natuna yang diusulkan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri pada tahun ini, Tapi hanya ads enam sekolah saja di atas yang diikutkan, karena SDN 003 Bunguran Barat mengundurkan diri dengan alasan sedang dalam tahap revitalisasi bangunan sekolah ujar Kadis Lingkungan Hidup Boy Wijanarko kepada Mediatrias.com saat dihubungi Via Handphonenya.

Sekolah penerima Piagam Tingkat Provinsi itu juga sebelumnya telah menerima Piagam Penghargaan dari Bupati Natuna H.Hamid Rizal pada penilaian Adiwiata Tingkat Kabupaten Natuna tahun 2018 lalu dan piagamnya penghargaannya diserahkan pada tahun 2019 berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 160 Tahun 2019 tutur Boy Wijanarko .

Pedoman pelaksanaan Program Adiwiyata tersebut tertuang dalam peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 5 Tahun 2013.

Adapun Komponen program Adiwiyata yang meliputi Aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan, aspek kegiatan sekolah berbasis partisipatif dan aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan paparnya Boy Wijanarko.

Sejak tahun 2017, sudah 12 sekolah di Kabupaten Natuna yang ditetapkan mendapat piagam penghargaan dengan predikat Sekolah Adiwiyata melalui keputusan Bupati Natuna hingga tahun 2018.

Pada tahun 2017, lima sekolah telah mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Natuna, berdasarkan Keputusan Bupati Natuna yakni SDN 011 Puak Bunguran Timur, SMPN 2 Bunguran Timur, SMAN 1 Bunguran Timur, SMK Pariwisata Bunguran Timur dan SMKN 2 Bunguran Barat, dan saat ini beberapa sekolah tersebut sedang menunggu penguman dari tim penilai Adiwiya Tingkat Nasional.

Peserta Program Adiwiyata diikuti oleh SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/MA, SMK/ MAK. Untuk sekolah swasta harus sudah terakreditasi tambahnya.

Dan persyaratan mengikuti Adiwiyata ini, harus ada kesediaan pihak sekolah, tidak ada paksaan dengan menyurati Dinas Lingkungan Hidup Natuna. Setelah itu akan dilakukan pembinaan oleh tim selama kurang lebih tiga bulan tuturnya.

Ia juga menambahkan , dilihat dari Sarana dan Prasarana Sekolah itu juga .

Kasih Limbah Dinas Lingkungan Hidup Natuna yang juga sebagai Tim Penilai Apriyadi mengatakan, berapa hari sebelumnya juga mengatakan kepada sejumlah wartawan, bahwa , Sekolah di Kabupaten Natuna sudah memadai dan bagus. Untuk tingkat provinsi pihaknya sudah masuk, tapi untuk
Tingkat Nasional Kabupaten Natuna masih lemah. Hal ini dikarenakan ketika diverifikasi lemah dalam hal dokumentasi.” tutur Apriyadi.

Sedangkan untuk 6 sekolah yang baru menerima Piagam Penghargaan dari Gubernur siap-siap untuk di usulkan kepenilaian tingkat Nasional pungkasnya.(HD)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker