infotorial

Hiasi Bintan Dengan Lampu Cangkok

BINTAN,MEDIATRIAS.com – Sudah menjadi tradisi dan budaya masyarakat bintan di pertangahan bulan suci Ramadhan hingga menjelang takbir Idul Fitri, yakni pemerintah Kabupaten Bintan kembali menggelar festival lampu cangkok dibulan Ramadan 1440 H, yang akan diikuti oleh seluruh kecamatan di Kabupaten Bintan, kamis (16/5/2019).

 

Persiapan festival lomba lampu cangkok bahkan terus dibahas dalam rapat-rapat internal Pemerintah Daerah. Festival Lampu Cangkok merupakan rutinitas tahunan yang digelar sebagai upaya melestarikan budaya tradisional Melayu sekaligus menyemarakkan bulan suci Ramadhan di Kabupaten Bintan.

 

“Lomba lampu cangkok ini merupakan ide pak Bupati yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya saat bulan Ramadan.  Tahun ini,  insyaallah akan kembali dilaksanakan,” ujar  Kepala Dinas Kominfo  Bintan Aupa Samake, saat ditemui di Kantor Bupati Bintan.

Dikatakannya juga dalam Lomba Lampu Cangkok nantinya akan dinilai dalam beberapa aspek diantaranya gerbang lampu ditata bernuansa Islami,  estetika/kemeriahan lampu cangkok,  serta partisipasi masyarakat dalam ikut memeriahkan hal tersebut.

 

“Rencananya akan dilaksanakan pada malam 25 Mei atau tepatnya 21 sd 27 Ramadan 1440 H. Kegiatan ini sekaligus salah satu gelaran wisata religius yang mengandalkan kearifan lokal dan budaya islami,” terang Aupa.

 

Menilik sejarah lampu cangkok, kata Aupa sejak zaman dahulu masyarakat bintan selalu menyambut bulan suci ramadhan dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan memeriahkan suasana dimalam hari dengan lampu tradisional yaitu  cangkok.

 

Lampunitu dipasang disekitaran jalan, gang, lorong dan kini lebih ke gerbang, ada juga gerbang yang berbentuk nuansa islam seperti kali grafi  dan kubah masjid. Penyambutan kedatangan bulan suci ini sudah menjadintradisi turun temurun sejak dahulu.

 

Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur dan suka cita terhadap kedatangan bukan suci ramadhan, segala upaya dilakukan pemasangan lampu cangkok dilakukan secara suka rela oleh masyarakat. Namun belakangan ini lampu cangkok sudah dianggap sebuah festifal religi oleh pemerintah, sehingga kegiatan ini masuk kegiatan tahunan.(jo/Av)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker