Daerah

Juramadi Esram : STQ VIII Lingga, Gita Kdi Didatangkan Untuk Menghibur

LINGGA, MEDIATRIAS.com – Halaman Kantor pemerintahan Bupati Lingga tepat nya di jalan Istana Robat, kecamatan Lingga diselenggarakan pembukaan secara resmi Seleksi Tilawatil Al-Qur’an ke VIII, pada 17 maret 2019, malam.

OPD Lingga. Instansi Vertikal yang diwakili maupun yang tidak diwakili. Camat, Kades se kabupaten Lingga dan Tokoh Masyarakat Khalifah sebagai peserta dan utusan dari masing-masing daerah se Kabupaten Lingga.

Dibuka secara resmi oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dengan simbolis memukul bedug secara bersamaan dengan Wakil bupati Lingga, M Nizar yang diikut sertai oleh beberapa pejabat Lingga Lain nya, Yaitu Sekda Lingga, Juramadi Esram. Wakil Ketua I Dprd Lingga, H Kamaruddin Ali, SH Kepala Kemenag Lingga, M. Nasir.

Selain itu, turut juga dihadiri oleh jajaran Opd Lingga. Instansi Vertikal yang diwakili maupun yang tidak diwakili. Camat, Kades se kabupaten Lingga dan Tokoh Masyarakat Khalifah sebagai peserta dan utusan dari masing-masing daerah se Kabupaten Lingga, maupun antusias masyarakat yang menyaksikan berlangsung nya acara.

Juramadi Esram dikenal menjabat sebagai Sekretaris daerah pemerintahan Lingga, namun dalam acara ini dia juga menjabat sebagai ketua panitia pelaksana kegiatan Stq Ke VIII tingkat Kabupaten Lingga. Dan dia berpendapat dalam penyampaian laporan rangkaian kegiatan Nya.

Bahwa menurut yang diterangkan nya (Juramadi Esram-red), pelaksanaan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an adalah berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lingga, nomor 31/kpps/I/2019 tanggal 18 Januari 2019, tentang pembentukan panitia penyelenggara Stq ke VIII Kabupaten Lingga, di Kecamatan Lingga, 2019.

Maksud kegiatan, bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan silaturahmi serta meningkatkan ukhuwah islamiah umat islam maupun lapisan masyarakat Kabupaten Lingga. Sehingga masyarakat Kabupaten Lingga selalu mendekat kan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala serta selalu mencintai Muhammad Rasulullah dengan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan ini.

Tujuan kegiatan, adalah untuk meningkat kan kemampuan membaca, memahami, mengamalkan isi kandungan Al-qur’an di kalangan Masyarakat. Meningkat kan ghairah kehidupan beragama sesuai tuntutan pedoman Al-Qur’an dan hadist Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bagi masyarakat Kabupaten Lingga serta menunjuk kan keimanan kepada Allah melalui isi kandungan Al-qur’an.

Ada pun tema kegiatan adalah, “melalui kegiatan Stq Lingga ke VIII, tahun 2019 sebagai momentum dan membumingkan keislaman Kabupaten Lingga Terbilang 2020, berkarakter Qur’ani” ,kata ketua panitia Pelaksana, Juramadi Esram yang di kutip mediatrias.com.

Dia juga menjelaskan, bahwa Peserta Stq yang turut berkompetisi berasal dari 13 Kecamatan se Kabupaten Lingga, yaitu Kecamatan Singkep 27 orang. Kecamatan Singkep Barat 30 orang. Kecamatan Singkep Pesisir 17 orang. Kecamatan Singkep Selatan 28 orang. Kecamatan Lingga 27 orang. Kecamatan Lingga utara 22 orang. Kecamatan 20 orang. Kecamatan Senayang 25 orang. Kecamatan Selayar 23 orang. Kecamatan Posek 26 orang. Kecamatan Bakung Serumpun 16 orang. Kecamatan Tamiang Pesisir 16 orang. Kecamatan Katang Bidare 20 orang, dengan total 297 orang peserta.

Cabang-cabang yang diperlombakan adalah Tilawah atau Tartil, Tahfidz, Syahril, Fahmil,Kaligrafi, menulis makalah Ilmiah. Qasidah Rebana.

“Kemarin malam sudah dilaksanakan juga malam Taaruf, siang tadi sudah dilaksanakan juga Pawai Taaruf dan telah diadakan juga stand Bazar, Stand Pameran dari masing-masing Opd Lingga” ucap Juramadi Esram.

Kemudian Ketua Panitia pelaksana juga menerangkan bahwasanya ada acara tambahan, yaitu acara hiburan yang mengisi di sela-sela acara seleksi berlangsung, “malam ini kita ada di datangkan Artis dari ibu kota Jakarta,tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, yaitu artis  Gita Kdi. Dikarenakan kedatangan artis ini adalah upaya dan sumbangsih dari wakil Bupati Lingga, M Nizar secara Pribadi” ,ujar nya.

Namun Ketua panitia Pelaksana juga mengungkapkan, bahwa kegiatan STQ ke VIII Kab. Lingga adalah bersumber dari Apbd tahun 2019. (HK)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker