Nasional

Sarasehan Harmonisasi Antar Etnis Kab. Lingga

LINGGA,MEDIATRIAS.com-Pemkab Kabupaten Lingga melalui Kesbang Linmas Lingga Armia melakukan kegiatan Harmonisasi antar etnis di Kelurahan Daik, Kec. Lingga pada 7 Februari 2019.

 

Narasumber Kodim 0315 Bintan, Pabung Mayor, I Putu Suparna B. LAM Lingga, H. M Ishak. Satgas Polisi Pamong Praja Lingga, Indra. Kepala Kesbang Pol, H Armia Spd. M. Ip.

 

Turut menghadiri Sekda Lingga, Juramadi Esram yang mewakili Bupati dan WakiL Bupati Lingga. Lurah Daik, Aryanto. Camat Lingga. Pengurus FKP, FKDM, FKUB, Pemuka Agama Kecamatan dan Desa. Tokoh Masyarakat Lingga. para media cetak maupun Online.

 

Sebagai kepala Kesbangpol dan juga moderator kegiatan, H. Armia memberikan penyampaian bahwa tujuan dari kegiatan sarasehan ini adalah untuk berbincang-bincang yang sifat nya untuk mengantisipasi dan pencegahan ATHG menjelang Pileg dan Pilpres.

 

Armia berpesan jangan sampai perbedaan politik  mengganggu keamanan dan kenyamanan hidup di masyarakat,” dengan Jumlah DPT 66,830 Ribu Pemilih, hendak nya masyarakat jangan Golput hanya di karena kan partai atau hal lain nya”, Kata nya yang dikutip Mediatrias.com.

 

Untuk memantapkan program ini, Armia menceritakan bahwa,”sebelum melakukan program terlebih dahulu kami berkoordinasi dengan pihak yang sudah memiliki pengalaman yaitu, pak Juramadi Esram karena beliau pernah menjabat Kepala Kesbang Pol di Provinsi Kepri” , ungkap Armia.

 

Di terangkan Nya, (Armia-red), Kegiatan Sarasehan ini sudah berjalan di kecamatan Lingga Timur, di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Selayar di Desa Penuba yang dihadiri Wakil Bupati Lingga, M Nizar dan Ketua LAM, H. M Ishak, sebelum nya.

 

Kemudian di sesi acara selanjut nya, Sekda Lingga juga memberikan Kata sambutan, dan mengapresiasi keberhasilan Kesbang Pol dalam memfasilitasi kegiatan tersebut, serta akan dilaksanakan pada 13 Kecamatan se Kabupaten Lingga, dengan upaya menyatukan pemahaman warga Kabupaten Lingga.

 

Dikemukakan nya, bahwa akan adanya peristiwa besar di indonesia dalam masa tidak sampai 100 hari kedepan, yaitu Pemilu Serentak di tiap-tiap kota, Kabupaten, Kecamatan dan Desa, ”Bahkan moment ini perdana di Dunia, tentu hal ini sangat luar biasa”, Kata Juramadi Esram sambil mengingatkan bahwa negara Indonesia adalah sangat besar dengan jumlah 260 juta penduduk.

 

Dilanjutkan oleh narasumber yaitu, Pabung Kodim 0315, Mayor, I Putu Suparna B memberikan pemahaman tentang Ancaman, Hambatan dan Gangguan, agar masyarakat melakukan kewaspadaan dan hendaknya mentaati aturan yang sudah ditentukan.

 

Dia menyampaikan, terkait hal tersebut untuk tidak terjebak dalam politik Identitas, Money Politik, Berita Hoax, Penempatan APK, TATIB Kampanye,”jika mendapati hal sedemikian laporkan segera kepada pihak-pihak berwajib, Polri, TNi juga Bawaslu sesuai jangkauan terdekat dengan menyertakan dukungan bukti dan saksi”, Kata Mayor I Putu.

 

Kemudian diteruskan oleh narasumber berikut nya yaitu, Ketua LAM Lingga, M Ishak yang menjelaskan tentang berdiri nya LAM di Provinsi Kepri dan daerah Kabupaten Lingga, maupun berdiri nya LAM di  beberapa kecamatan, beberapa Kelurahan dan Desa.

 

Selaku ketua, M Ishak juga Memaparkan tugas dan fungsi utama LAM, adalah menjaga serta memelihara keharmonisan suku budaya dan adat dalam naungan NKRI serta memberikan dukungan terhadap program pembangunan pemerintah Pusat dan Daerah.

 

Pada sesi dialog para undangan dan tokoh masyarakat diberikan kesempatan untuk berdialog tentang hal yang telah terjadi dan kemungkinan yang perlu dibenahi agar selanjut dapat menjadi catatan dan perhatian Pemerintah Kabupaten Lingga. (HK)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker