News

SDN 004 Toapaya Menuju Adiwiyata Tingkat Provinsi, Ini Dia yang di Kompetisikan

BINTAN,MEDIATRIAS.com– Sekolah SDN 004 Kecamatan Toapaya memiliki lahan diatas  seluas 5460 meterpersegi di Jalan Tanjunguban, Batu 18, Kampung Mantrust ini berhasil lulus seleksi tingkat Kabupaten Bintan, kini siap untuk maju menuju sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kepri tahun ini, selasa (8/10/2019).

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk berkompetisi salah satunya daun sirih merah yang berkerabat dengan lada dan merambat ini memiliki nama ilmiah Piper Betel L Var Rubrum ini memiliki kandungan zat  flavonoid, alkaloid, tanin, senyawa polifenolat, dan senyawa minyak atsiri.

Guru SDN 004 Toapaya, Syuherman, S.Pd mengatakan persiapan telah dilakukan oleh pihak sekolahan untuk berkompetisi di tingkat Provinsi Kepri. Mulai dari pembenahan ikon sekolah dan lainnya.

“Ikon sekolah ini adalah Sirih Merah. Jadi tumbuhan ini tidak hanya sekedar tanaman yang indah dipandang mata saja tetapi juga memiliki sejuta kasiat untuk kesehatan tubuh bahkan mampu mengobati beragam jenis penyakit,” kata Syuherman.

Dia menyebut, Kandungan zat itu membuat daun ini memiliki banyak kasiatnya yaitu sebagai antiseptik, mencegah ejakulasi dini, anti kejang, analgetik, antiketombe, mengendalikan gula darah, lever, antidiare, meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan nyeri, radang paru, radang tenggorokan, radang gusi, hidung berdarah atau mimisan.

“Tak hanya itu, batuk berdarah, mematikan jamur chandida albicans penyebab sariawan, peradangan akut pada organ tubuh, luka yang sulit sembuh, kanker payudara, kanker rahim, leukemia, TBC, radang hati, wasie, jantung koroner, darah tinggi, dan asam urat,” jelas dia.

Daun sirih ini bisa dimanfaatkan atau dikonsumsi dengan berbagai cara. Bisa langsung dikunyah, dikeringkan dengan dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari atau direbus. Semua cara itu telah teruji secara klinis.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 004 Toapaya, Rita Mardiani, S.Pd.SD mengatakan SDN 004 binaannya ini telah merintis sekolah adiwiyata sejak 2018. Dimana saat itu berhasil lulus seleksi tingkat Kabupaten Bintan.

Kemudian SDN 004 ini juga menjadi sekolah model yang fokus mendidik karakter anak demi kemajuan sekolah termasuk peduli dengan lingkungan.

“Sekarang kami akan mengikuti tingkat Provinsi Kepri dan sudah banyak yang kami persiapkan untuk memenangkan kompetisi itu,” katanya.

Selain sirih merah, pihaknya juga mengembangkan jenis tanaman lainnya seperti kelengkeng, mangga, jambu citra dan lainnya. Lalu, juga ditanam obat keluarga (toga), dan pembibitan tumbuh-tumbuhan yang ramah lingkungan.

Kemudian juga membuat rumah hijau (green house) di sekolahan, taman terbuka hijau yang dilengkapi berbagai fasilitas dan kebun sekolah yang indah.(jo)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker