Internasional

Sungguh Terharu,Pelaku Pembakaran Masjid di AS Divonis 24 Tahun Penjara

Ilustrasi Penjara (Foto: pixabay)

AS,MEDIATRIAS.com – Pengadilan Texas di Amerika Serikat menjatuhkan hukuman penjara lebih dari 24 tahun bagi pelaku pembakaran Masjid, Marq Perez.

Menurut jaksa, motif Marq Perez (26) membakar Masjid di Pusat Islam Victoria di Texas 28 Januari 2017 adalah kebencian. Ia pun didakwa dengan pasal tindakan kriminal serta kejahatan besar.

“Tindakan kebencian adalah kanker bagi masyarakat kami dan tindakan itu tidak bisa ditolerir oleh masyarakat kami,” sebut Hakim Pengadilan AS John Rainey seperti dikutip dari AlJazeera, Jumat (19/10).

Selama seminggu penuh persidangan di Pengadilan Tinggi Texas, Jaksa menyatakan kasus Perez motifnya jelas yaitu kebencian.

Selain itu, juri persidangan juga menemukan bukti bahwa Perez memiliki bahan berbahaya ilegal. Material itu digunakan untuk membakar masjid.

Dari kesaksian saksi mata yang melihat tindakan Perez, saat melakukan aksi pembakaran pelaku seperti tidak menunjukkan penyesalan.

Sementara itu, Deputi Jaksa Agung John Gore menyatakan hukuman kurungan puluhan tahu terhadap Perez pantas dijatuhkan. Sebab, pelaku telah mencoreng kebebasan beragama yang dijunjung di AS.

“Setiap orang di negara ini berhak untuk beribadah dengan bebas tanpa ada rasa takut,” ucap Gore.

“Pelaku telah melakukan tindakan terorisme terhadap masyarakat Muslim di Victoria dan Kejaksaan federal, negara bagian, dan daerah harus memastikan pelaku dapat mempertanggungjawabkan tindakan kejinya itu,” pungkas Gore.

Saat ini, Masjid yang dibakar Gore telah dipugar kembali. Dana pemugaran berasal dari donasi masyarakat AS.
Dari data FBI tindakan kebencian kriminal di AS pada 2016 sebanyak 6.121 kasus. Jumlah itu naik 4,6 persen dari tahun sebelumnya.

Tindakan kebencian biasanya ditargetkan kepada kelompok minoritas di AS seperti etnis afro-amerika, Muslim, dan Yahudi.

Sumber : (kumparan.com)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker