News

Tiga Calon Investor Asal Banyuwangi Tinjau Potensi Pabrik & Lahan Sagu Masyarakat Lingga

LINGGA,MEDIATRIAS. com– Tiga orang calon Investor asal Banyuwangi berkunjung ke Kabupaten Lingga, tujuannya untuk melakukan peninjauan potensi Investasi di Negeri Bunda Tanah Melayu, (5-11-2019).

Kunjungan para calon investor tersebut diterima langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lingga pada Selasa (5/11/2019) sore di Kantor Bupati Lingga.

Kedatangan para calon investor ke Kabupaten Lingga ini diketahui merupakan kunjungan yang kesekian kalinya setelah Pemerintah Kabupaten Lingga menyatakan kesiapannya menyambut dengan tangan terbuka untuk menerima investasi dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Lingga.

Tak lama berselang, setelah penyambutan tersebut, Bupati Lingga bersama rombongan segera bergerak menuju pabrik pengolahan sagu di Seranggung, untuk melihat langsung proses pengolahan sagu yang selama bertahun-tahun telah diolah dengan cara tradisional secara turun temurun. Pabrik Sagu yang bertempat di Seranggung telah berlangsung pengelolaan nya seberla selama 4 Generasi.

Para calon investor tidak juga hanya berkunjung ke Pabrik Sagu yang di Seranggung, namun beserta Bupati Lingga, rombongan berkesempatan mengunjungi pengolahan sagu di Desa Merawang, serta melihat Kebun Sagu di Desa Panggak Laut.

Menurut Supahmi,S.P selaku Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Lingga yang turut serta mendampingi Bupati Lingga pada kesempatan tersebut menginformasikan.

“Ada 10 Desa penghasil sagu yang menjadi daerah prioritas investasi, yakni Desa Merawang, Panggak Laut, Nerekeh, Musai, Pekaka, Kerandin, Limbung, Kudung, Teluk, dan desa Keton, “kata Nya kepada awak Media.

Untuk diketahui, sagu asal produksi dari Kabupaten Lingga saat ini telah memiliki Indikasi Geografis sebagai bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap otentikasi dan kualitas sagu yang dihasilkan oleh Kabupaten Lingga. Hal ini adalah sebagai pembeda antara hasil sagu Lingga dengan hasil sagu dari daerah lainnya di Indonesia.

Meskipun saat ini masih diolah dengan cara tradisional, namun nyatanya pabrik sagu di Kabupaten Lingga telah mampu menghasilkan sagu yang yang putih bersih tanpa bahan pengawet, demikian yang dituturkan oleh para investor yang telah pernah berkunjung ke Lingga. (HK)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker