Ekonomi & Bisnis

Wello : Penen Perdana Udang Vaname 10 ton, adalah bentuk komitmen pemerintah mengelola sektor budidaya

LINGGA,MEDIATRIAS.com– Pemerintah Kabupaten Lingga sukses bersama Koperasi Serba Usaha (KSU) Tunas Garda Terbilang melakukan panen perdana udang Vaname di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, pada (23-12-2019) kemarin.

Bupati Lingga, H Alias Wello tampak hadir dalam gelar panen tersebut. Panen raya perdana ini adalah merupakan wujud komitmen serta keseriusan Pemerintah Kabupaten Lingga mengelola sektor perikanan.

Program kerja perikanan budidaya ini, Kedepannya diharapkan Pemerintah Kabupaten Lingga akan menjadi suatu sektor terbesar penyumbang pendapatan asli daerah.

Di kesempatan itu, Bupati lingga H. Alias Wello mengucapkan syukur atas keberhasilan pemerintah bersama KSU Tunas Garda Terbilang dalam pengelolaan budidaya yang kini telah dapat untuk dipanen.

“Alhamdulillah hari ini kita panen raya udang vaname yang tidak kurang dari 10 ton bahkan bisa lebih. Bisa dibayangkan jika digarap menggunakan lahan 836 hektar hasilnya akan seperti apa”, kata Alias Wello yang dikutip awak Media.

Diketahui, buyer (pembeli) untuk hasil panen perdana tersebut berada di kota Medan, Alat angkut dengan menggunakan truk, jarak tempuh diperkirakan 5 sampai 6 hari. Terkait harga berkisar 50 ribu, hingga 60 ribu.

Ditempat yang sama, Dokter Romi menerangkan, bahwa masa pembesaran akan memakan waktu 3 bulan, untuk sementara masih menggunakan pakan dari Jombang dengan protein level 32 hingga 34. Kedepan, setelah pabrik produksi pakan ikan di emplacement timah (Dabo Singkep) sudah mulai berjalan, pihaknya akan menggunakan pakan produksi BUMD tersebut untuk menekan biaya produksi, sehingga akan lebih menguntungkan.

“Kedepannya BUMD Lingga sudah punya mesin pakan sendiri, tahun 2020 kita akan pakai pakan lokal karena harga lebih ekonomis, produksi lebih efisien yang akan menghasilkan udang yang lebih optimal”, Dokter Romi mengungkapkan.

Acara panen perdana tersebut turut dihadiri oleh
asisten 2, Danramil Babo, Camat Singkep Selatan, Camat Singkep Barat, Kades Kuala Raya, masyarakat setempat beserta tamu undangan lainya. (HK)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close