1.124 Orang CPNS Lingga Ramaikan Tahapan Ujian SKD Yang Diselenggarakan BKPSDM Lingga

  • Whatsapp

LINGGA, MEDIATRIAS.com – Pemerintah Kabupaten Lingga, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melanjutkan tahapan penyelenggaraan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah lolos pada tahap tes Administrasi tahun 2019.

Hasil dari kelulusan administrasi tahun 2019 lalu berjumlah 1.124 orang, lanjut berlangsung diselenggarakan pada tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tahun 2020. Bertempat di halaman Aula Kantor Bupati Lingga, selama 3 hari, bermula pada hari Selasa (25-02-2020).

Muat Lebih

Menurut Kepala BKPSDM Kabupaten Lingga Ruliadi kepada awak media mengatakan, bahwa proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sedang berlangsung menggunakan ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT).

“Pada tahapan SKD dilakukan 3 uji materi, yakni Tes wawasan kebangsaan (TWK), Tes intelegensi umum (TIU), Karakteristik pribadi (KP)”, Kepala BKPSDM Lingga, Ruliadi.

Dengan jumlah peserta CPNS 1.124 orang, panitia penyelenggara melakukan 5 Sesi dalam perharinya, 1 satu sesinya ± 100 orang peserta yang mengikuti ujian.

Untuk nilai ambang (passing grade) dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mengalami penurunan. Menurutnya, dengan adanya penurunan nilai passing grade bisa membuka peluang untuk para peserta CPNS dalam mengatasi kesulitan nilai pada masa tahap tes.

“Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) nilainya menjadi 65 dari sebelumnya 75. Sedangkan untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), tak ada penurunan nilai ambang batas, alias tetap 80. Kemudian Tes Karakteristik Pribadi itu 126”, diterangkan nya.

Selanjutnya ditempat yang sama, Muhammad Imam Handoko yang berasal dari kota Dabo Singkep dan selaku peserta yang sedang mengikuti tahapan Uji CPNS juga sempat dikonfirmasi secara langsung mengatakan, bahwa dalam penyelesaian uji kali ini, ia sudah mengikuti sebanyak 4 kalinya.

“Penyeleksian ini sangat transparan, bahkan nilai masing peserta dapat terlihat dengan jelas pada masing-masing capaian peserta secara langsung, walaupun materi ujian nya sangat sulit, namun saya sangat puas. Pada saat SKD ini saya dinyatakan lulus”, kata Muhammad Imam Handoko.

Ditambahkannya, bahwa setelah usai tahap perangkingan, maka akan memasuki tahapan ujian berikutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Ia juga mengharapkan dalam momen seleksi kali bisa mendapatkan kesempatan kelulusan sehingga dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil dan dapat bersinergi bersama ASN Lingga lainnya. (HK)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *