BPS Lingga Terkait Turunnya Tingkat Kemiskinan Lingga

  • Whatsapp

LINGGA,MEDIATRIAS.com– Kepala Badan Pusat Statistik Lingga, melalui Kasubag TU Statistik, Arif Hidayat turut membenarkan tentang adanya penurunan persentase tingkat kemiskinan penduduk Kabupaten Lingga.

Menurutnya, hal tersebut dapat dinyatakan berdasarkan data survei dari tahun-tahun sebelumnya pada setiap bulan Maret, dan juga berdasarkan survei terakhir dari pihak BPS pada bulan Maret 2019 lalu.

Bacaan Lainnya

 

“Yahh benar, memang begitu adanya dan untuk ini kami tidak melakukan rekayasa dalam pendataan. Survei tersebut merupakan program nasional, yakni Survei Sosial Ekonomi Nasional”, ujar Nya kepada awak Media saat dikonfirmasi secara langsung di ruang kantor BPS Lingga, (13-01-2020).

 

Diterangkannya, dari jumlah survei keseluruhan masyarakat Lingga diambil 510 rumah tangga penduduk Kabupaten Lingga yang dijadikan sampel untuk dijadikan kajian. Dalam pendataan, ada 2 metode, yakni metode Survei dan Sensus .

“Dari jumlah penduduk Lingga ± hampir 90 ribu, diambil sampel 510 rumah tangga, jika asumsi 1 rumah tangga itu ada 4 orang, maka dapat dikalikan dengan hasil 2 ribu orang penduduk, dan hal ini dianggap mewakili penduduk seluruh kabupaten” ,kata Arif Hidayat.

 

Ditambahkan Nya, disaat survei pihaknya akan memfokuskan pada pertanyaan tentang kebutuhan rumah tangga terutama tentang konsumsi selama seminggu terakhir.

“Alasannya, mempertanyakan dari faktor konsumsi, dikarenakan pihak rumah tangga akan menjawab lebih natural, dan ada ratusan komoditi yang dipertanyakan, yakni makanan dan non makanan”, ucapnya.

Setelah mendata di lapangan, lalu pihaknya merangkum data-data tersebut dan melaporkan ke pusat, sehingga pihak pusat yang menghitung data kemiskinan tersebut, dan hasil konkrit tersebut yang dijadikan acuan pihak BPS Lingga.

“Maka dari itu, untuk tahun ini 2019 kita dapatkan angkanya itu lebih baik dari tahun 2018 lalu. Bukan hanya kabupaten Lingga, namun seluruh di Provinsi Kepri pada bulan Maret 2019, tingkat kemiskinan Penduduk menurun semua. Tentunya Alhamdulillah”, di ungkapkannya.

Namun, Arif juga menjelaskan bahwa tingkat kemiskinan Kabupaten Lingga ketika dibanding dengan Kabupaten maupun Kota di Kepri adalah masih peringkat tertinggi, walaupun demikian perkembangan dari tahun-ketahun Kabupaten Lingga telah mendapat penurunan persentase grafiknya. (HK)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *