GMKI Dorong Percepatan Pembangunan Kogabwilhan

  • Whatsapp

TANJUNG PINANG,MEDIATRIAS.com Kogabwilhan dibentukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Petahanan.
lokasi tanah hibah seluas 20 hektar untuk pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Makogabwilhan) I di Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Kogabwilhan merupakan komando utama operasi (Kotamaops) TNI yang dipimpin oleh perwira tinggi dan berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI. Satuan baru tersebut bertugas sebagai penindak awal dan pemulih bila terjadi konflik di wilayahnya, termasuk operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).”Tugasnya juga sebagai penangkal bila terjadi ancaman dari luar dan dalam negeri di wilayahnya, dan pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan di wilayahnya yang dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Panglima.posisi geografis Provinsi Kepulauan Riau terbentang dari selat Malaka sampai dengan laut (Natuna) Cina Selatan dan berbatasan langsung dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Singapore sebagai pusat perdagangan dunia menjadikan Provinsi Kepulauan Riau memiliki peran strategis dalam
lalu lintas perdagangan dunia.

Bacaan Lainnya

Provinsi Kepri memiliki luas wilayah 251.810 km2. Dimana 96% diantaranya merupakan lautan dan 4% berupa daratan yang di rangkai oleh 2.408 pulau dengan garis pantai sepanjang 2.367,6 km.Pusat pusat kegiatan di Provinsi Kepulauan Riau dapat dijangkau dari Singapura dengan jarak tempuh kurang lebih 1 – 2 jam perjalanan menggunakan sarana transportasi laut. Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari 5 (lima) kabupaten dan 2 (dua) kota, meliputi Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kota Tanjungpinang, dan Kota Batam.kita khawatir terjadi lagi keadaan memanas antara Indonesia dan China di perairan Natuna Kepulauan Riau, dalam Geopolitik Indonesia-China. Ya, hal itu tak lepas dari sikap China yang enggan mengakui laut Natuna sebagai bagian dari wilayah perairan Indonesia.

Dengan menggunakan sistem Nine Dash Line atau sembilan garis putus-putus, China kemudian berusaha mengakui wilayah historis Laut Cina Selatan yang luasnya kurang lebih 2 juta kilometer persegi itu, 90 persen adalah sebagai hak maritimnya.

Padahal, berdasarkan keputusan United Nations Convention for the Law of the Sea (UNCLOS) atau Konvensi Hukum Laut PBB yang diputuskan pada 2016 lalu, wilayah perairan Natuna tidak menjadi bagian dari wilayah Laut China Selatan.mengingat posisi natuna luas sekitar 141.901 Km2 ini disebut memiliki kekayaan alam melimpah. Disebut cadangan gas alam di kepulauan tersebut terbesar di Asia Pasifik, bahkan dunia.

Hitungan pemerintah mengacu pada salah satu ladang gas alam yaitu Blok Natuna D-Alpha, di mana menyimpan cadangan gas dengan volume 222 triliun kaki kubik (TCT). Jika diambil, cadangan gas alam itu tidak akan habis untuk 30 tahun mendatang.

Sementara, potensi gas yang recoverable atau yang bisa diperkirakan di Kepulauan Natuna sebesar 46 tcf (triliun cubic feet) setara dengan 8,383 miliar barel minyak.

Total, jika digabung dengan minyak bumi, terdapat sekitar 500 juta barel cadangan energi hanya di blok tersebut. Maka wajar saat sejumlah ahli mengklaim wilayah ini memiliki cadangan energi terbesar di dunia.

Itu baru dari sisi volume, jika diuangkan, kekayaan gas Natuna bernilai mencapai Rp 6.000 triliun.keberadaan kogabwil bisa memperkuat dan menjaga kedaulatan NKRI dalam hal ini kepulauan riau.bicara kedaulatan berarti bicara harga diri suatu bangsa. Selain itu, keberadaan
kogabwil menjamin keaman dan kestabilan kepri sehingga
Secara ekonomi, hal ini juga semoga berdampak juga terhadap iklim investasi di daerah serta perkembangan pariwisata,” tutup Rimbun Purba.

loading...

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *