Irjen Kemenkumham Andap Budhi Revianto: Kutipan Sebuah Artikel, Air Conditioning (AC) Adalah Salah Satu Penyebab Penyebaran Virus Corona

  • Whatsapp

JAKARTA, MEDIATRIAS.com – Masih ingat dalam benak kita bahwa Organisasi Kesehatan Dunia World Health Organization (WHO), sebelumnya mengklaim, bahwa Virus Corona tidak menular lewat udara melainkan melalui tetesan (droplet) yang dihasilkan oleh orang yang terinfeksi ketika orang itu batuk, bersin atau berbicara.

Namun ada sebuah artikel yang menyatakan bahwa Virus Corona dapat menyebar di daerah-daerah yang terpapar udara dari sistem pendingin udara atau air conditioning (AC).

Bacaan Lainnya

Seperti yang kita ketahui, AC banyak digunakan di ruangan – ruangan kantor, Restoran, dan Bus.
Dalam sebuah Artikel, bahwa penyebaran Virus Corona salah satunya disebabkan oleh sistem pendingin Air Conditioning (AC) pada ruang tertutup.

Sehingga perlunya tingkat kewaspadaan para pekerja yang bekerja pada ruangan tertentu, baik yang ada sirkulasi udara atau tidak adanya sirkulasi udara.

Dijelaskan dalam artikel tersebut, untuk pencegahan penyebaran virus Corona, hal ini dapat dilakukan dengan hal – hal yang sangat efektif untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Adapaun cara efektif dalam menghindari penyebaran Virus Corona antara lain, sebaiknya jangan gunakan AC pada ruangan tertutup, dan AC diganti dengan buka jendela, agar ada sirkulasi udara, tetap lakukan sosial distance, dalam menjaga jarak, gunakan pola zigzak, dan berjarak 2 (Dua) meter. Berbeda dengan di ruangan terbuka, dianjurkan berjarak 1 (Satu) meter.

Jarak sirkulasi udara dengan kita, usahakan tempat kita duduk bekerja diberi ruang atau jarak antara central sirkulasi udara dengan tempat duduk kita.Tetap patuhi protokol kesehatan, yang sudah kita lakukan seperti sekarang ini.

Penyebaran Virus Corona juga bisa terjadi di dalam restoran yang menggunakan AC dan dalam ruang tertutup, untuk mencegah penyebaran corona dalam ruangan restoran, sebaiknya jarak meja yang satu dengan meja yang lainya berjarak 4,5 m, sedangkan jarak duduk tetap 2 meter.

Penyebaran Virus Corona juga dapat tejadi di dalam bus, untuk itu, hindari menggunakan AC, tetap jaga jarak minimal jarak 2 (dua) m, dan jumlah penumpang dikurangi.

Dalam artikel tersebut, jelas bahwa kita tetap patuhi protokol kesehatan dengan sosial distance dan memakai masker.

Penjelasan artikel yang menyatakan penyebaran virus Corona dan cara pencegahanya, tertuang dan diterjemahkan melalui ilustrasi gambar.

Walaupun pelaksanaan New Normal sudah berjalan, namun masih perlu menjaga kewaspadaan dalam situasi dan tempat tertentu.

Seperti yang diungkapkan Komjen Kemenkumham RI Andap Budhi Revianto S.IK.MH “Bersama ini disampaikan sebagai info, bahwa artikel ini menarik karena memberikan ilustrasi secara hidup tentang penularan covid-19, bahwa udara AC salah satu pemicunya. Di dalam artikel terlihat bagaimana penularan didalam gedung kantor, di restoran, dan di angkutan (bus). Dan juga terlihat ilustrasi bagaimana penularan didalam gedung kantor, restoran, angkutan (bus) yg mungkin bisa jadi catatan penting bagi kita semua. Bisa direka ulang gambarnya sehingga mudah disosialisasikan,” Ungkap Komjen Kemenkumham Andap Budhi Revianto, kepada awak mediatrias.com, Kamis (8/6 2029). (int)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *