Paripurna DPRD Lingga, Bupati Lingga Awe : Pada APBD-P Tahun Anggaran 2020 Mengalami Penurunan

  • Whatsapp

LINGGA, MEDIATRIAS.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga gelar rapat Paripurna, bertempat di ruang rapat Kantor DPRD Lingga, Rabu (16 September 2020).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Lingga Ahmad Nashiruddin membuka secara resmi agenda rapat paripurna tersebut, yang didampingi oleh Wakil Ketua I DPRD Lingga, Aziz Martindaz dan Bupati Lingga, H Alias Wello.

Bacaan Lainnya

Agenda Rapat adalah untuk melakukan penandatangan persetujuan antara pihak pemerintah Eksekutif dan Legislatif Kabupaten Lingga, tentang Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) menjadi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Lingga.

Laporan hasil pembahasan (RAPBD-P) (APBD-P) tahun anggaran 2020 disampaikan oleh Anggota DPRD Lingga, Neko Wesha Pawello yang juga selaku juru bicara Badan Anggaran (BANGGAR) Kabupaten Lingga.

“Badan Anggaran mengucapkan terima kasih kepada komisi-komisi maupun para Fraksi serta pemerintah Daerah yang telah banyak memberikan saran sebagai masukan dalam pembahasan RAPBD-P Tahun Anggaran 2020”, kata Neko yang akrab disapa.

 

Neko juga menjelaskan jumlah besaran APBD-P tersebut, yakni berkisar 965.935.557.547.37 Rupiah. Selain itu, ada beberapa penyesuaian yang dianggap perlu diantaranya, adalah terkait pencegahan dan penanganan pandemi Covid 19, dikarenakan Wabah Covid 19 yang memberikan dampak penyebab terhadap perubahan menurunnya ekonomi Ekonomi Global.

“Oleh karena itu BANGGAR dan TAPD menyetujui dan menyepakati total belanja RAPBD-P menjadi APBD-P tahun Anggaran 2020 Kabupaten Lingga sebesar 965.935.557.547.37 Rupiah”, terang Neko.

Kemudian diteruskan dengan pelaksanaan penandatanganan berita acara persetujuan APBD-P tahun anggaran 2020, oleh kedua pimpinan DPRD Lingga, yakni Ahmad Nashiruddin dan Aziz Martindaz beserta Bupati Lingga, H Alias Wello.

Setelah itu Bupati Lingga, H Alias Wello juga memberikan tanggapan atas terlaksananya persetujuan APBD-P tahun anggaran 2020. Dalam hal ini Awe yang akrab disapa mengapresiasi kinerja pimpinan DPRD dan Badan Anggaran serta seluruh anggota DPRD Lingga yang terlibat langsung dalam setiap pembahasan hingga rapat agenda persetujuan hari ini.

“Kita tahu membahas program dan kegiatan dalam kondisi anggaran yang sangat terbatas serta dengan waktu yang sangat singkat tidaklah mudah”, ungkap Awe.

Ditambahkan Awe, tentunya hal ini dapat dilakukan dengan penuh dedikasi yang disertai komitmen kebersamaan yang kuat, sehingga anggaran APBD-P Tahun Anggaran 2020, sebesar 965.935.557.547.37 Rupiah.

“Anggaran tersebut mengalami penurunan sebesar 141.499.179.912,63 Rupiah, dimana dalam APBD Murni tahun Anggaran 2020 sebesar 1.107.434.737.460 rupiah. Maka penurunan ini sangat luar biasa, dan hal ini dikarenakan anggaran pembiayaan yang bersumber dari APBN baik itu DED, maupun DAK ditarik oleh pusat, Dampak di tengah situasi Covid 19,” jelas Awe.

Meskipun demikian Awe berharap kepada seluruh ASN tetap terus dapat bekerja keras sehingga dapat lebih fokus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan pembangunan di Kabupaten Lingga.

Untuk diketahui, selain kehadiran pimpinan eksekutif dan pimpinan legislatif turut hadir dalam Rapat Paripurna persetujuan APBD-P Lingga tahun Anggaran 2020, adalah Para anggota DPRD Lingga, kepala Badan, OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa se Kabupaten Lingga, Tomas, Toga. (HK)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *