Persiapan Untuk Memperingati Hari Veteran Nasional 10 Agustus 2020

  • Whatsapp

BATAM, MEDIATRIAS.com – Dengan semangat juang, Veteran Kota Batam berencana akan melalukan kegiatan tabur bunga di Makam Pahlawan, pada tanggal 10 Agustus 2020, dan didukung oleh Pemuda Panca Marga (PPM) Kepri, yang diketuai oleh Pantas Opan Napitupulu, dan sudah dilantik sebulan yang lalu.

Dalam agenda rapat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batam, bersama Pemuda Panca Marga (PPM) Kepri, pada hari Minggu, (1/8/2020) lalu, membahas pembentukan panitia dan susunan acara yang akan dilaksanakan oleh Veteran Kota Batam, pada acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bantar Gebang, Batu Aji, Kota Batam, pada tanggal 10 Agustus 2020 yang akan datang.

Bacaan Lainnya

Mengingat dalam situasi Pandemic, LVRI Kota Batam yang akan mengadakan acara tabur bunga nantinya tetap menjalankan aturan Protokol kesehatan yang sudah ditentukan Pemerintah Kota Batam, dan akan memberikan surat kepada Ketua Gugus Tugas sebatas pemberitahuan adanya kegiatan tersebut, dan bukan hanya kepada Gugus tugas saja, LVRI berencana memberikan berupa surat pemberitahuan juga ke Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kepolisian, Lanal, dan beberapa instansi lainya yang dianggap perlu.

Kegiatan tabur bunga nantinya mengangkat tema, “Jangan Sekali-kali meninggalkan Sejarah”, yaitu atas dasar Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa-jasa Pahlawan.

Hari Veteran diperingati setiap tanggal 10 Agustus setiap tahunya, berdasarkan Keppres (Keputusan Presiden) No 30 Tahun 2014 Keputusan Presiden (Keppres) tentang hari Veteran Nasional.

Selain itu juga diatur dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 79 Tahun 2014, Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2012 Tentang Veteran Republik Indonesia.

Kemudian diatur dalam PP No 67 tahun 2014, Tentang Pemberian Tanda Kehormatan, Dana Kehormatan, Tunjangan Veteran serta Janda Duda Dan Yatim Piatu Veteran.

Veteran merupakan orang yang memiliki pengalaman dibidang Militer (Tempur) ataupun penegakan hukum (Kepolisian).

Ada tiga tingkatan Veteran, diantaranya yang tertinggi adalah Veteran Perang Kemerdekaan, yang kedua adalah Veteran Perang untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa dari Agresi luar Negeri, yang ketiga adalah Veteran Perang untuk membela kepentingan bersama Bangsa-bangsa yang menjadi sekutunya, atau membela kepentingan politik tertentu Negaranya. (ali.s)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *