Sepuluh dari Lima Puluh Tiga Keluarga Pasien Covid-19 Ambil hasil Swab di Puskesmas Bandar Huluan

  • Whatsapp

BANDAR HULUAN,MEDIATRIAS.com-Sebanyak Sepuluh dari Lima puluh tiga keluarga Pasien Covid-19 warga Nagori Tanjung Hataran, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun mengambil hasil Swab di Puskesmas Kecamatan Bandar Huluan.

Pengambilan hasil Swab tersebut atas tuntutan warga Nagori Tanjung Hataran, yang pada sebelum nya Senin 29/6/2020 kemarin telah melakukan Demo dan menyampaikan Orasi nya di Kantor Pangulu Nagori Tanjung Hataran, yang mana warga menuntut dan meminta hasil Swab keluarga nya yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Simalungun.

Bacaan Lainnya

Kasubag Tata Usaha (KTU) Mindo Sihotang, S.Kep.Ners, saat dimintai keterangan nya di Puskesmas Bandar Huluan Selasa 30/6/2020 sekira pukul 16.30 wib mengatakan, dari 53 Pasien Covid-19, baik Pasien yang Reaktif hasil Rapid Tes, Positif hasil Ravid Test, maupun yang Positif hasil Swab, hanya ada 10 dari 53 Keluarga Pasien yang mengambil hasil Swab nya, yaitu antara lain EAP, Rd, Sa, Li, Am, Fit, Iw, Er, Pa, dan Wu.

Lebih lanjut Mindo Sihotang menjelaskan, dari 10 warga yang mengambil hasil Swab tersebut, ada salah seorang warga yang mengambil 2 hasil Swab, itu karena kebetulan keluarga nya ada 2 orang yang Positif, maka keseluruhan ada 11 hasil Swab yang sudah di ambil keluarga nya, dan mereka harus membawa Foto Copy Kartu Keluarga (KK) sebagai bukti. Terang nya.

Disinggung mengapa warga mengambil hasil Swab di Puskesmas, lebih lanjut ia menjelaskan, itu hanya untuk mempermudah warga aja bang, dan hasil Swab itu sebenarnya ada di Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Simalungun, dan data itu dikirim ke Puskesmas, agar mempermudah warga untuk mengambil nya, jelas nya.

Dari minim nya warga yang mengambil hasil Swab, sampai dengan pukul 17.00 wib, Kepala Puskesmas Kecamatan Bandar Huluan, Dr.Mario Sitepu, Msi mengatakan, mungkin warga masih ada kesibukan lain nya dan belum sempat mengambil, kita masih tetap tunggu, mungkin besok (Rabu-red) ada lagi warga yang datang, ucap nya.

Disela-sela perbincangan awak Media dengan Kepala Puskesmas dan Tata Usaha, tiba-tiba sebuah mobil datang dan parkir tepat di halaman puskesmas, dan tiba-tiba turun beberapa orang dari dalam mobil tersebut, ternyata 6 (Enam) orang diantara mereka adalah warga Nagori Tanjung Hataran yang 14 hari lalu dinyatakan Reaktif hasil Rapid dan dibawa ke RS Darurat fasilitas kusus Covid-19 Km 20 Panombean Panei Kabupaten Simalungun.

Awak media coba menanyakan apa yang di alami dan dirasakan selama disana, dan di jawab, “disana nggak ngapa-ngapain bang, cuma senam aja dan olah raga, tidur nya pun nyaman, makanan nya pun yang enak-enak, tapi ada sedih nya juga bang, karena nggak bisa ketemu sama keluarga” ungkap nya dengan nada terharu.

Untuk dapat diketahui sebelum nya, ke Enam warga Nagori Tanjung Hataran tersebut dinyatakan Reaktif hasil Rapid, dan pada hari itu juga langsung dibawa ke RS Km 20, setelah itu diambil Swab, dan diperiksa hasil nya negatif, dan terhitung dari tanggal masuk sampai 14 hari setelahnya pasien dipulangkan, dan mendapat surat masing-masing dari RS Km 20 yang menyatakan Sehat. ||ds.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *