Sidak Disdukcapil, DPRD Kota Batam Mencium Keganjalan Dalam Pengurusan Birokrasi

  • Whatsapp

BATAM, MEDIATRIAS.com – Buntut panjang dari pemberitaan dibeberapa media yang ada di Kota Batam bahkan menjadi Viral beberapa minggu terakhir ini, membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam Gerah.

Diketahui salah satu pemberitaan tersebut, merupakan Pengurusan Birokrasi yang tidak tepat dengan prosedur dengan menggunakan surat kuasa, menurut salah satu Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Kota Batam, Abdul Malik, A.P.M.Si.

Bacaan Lainnya

Meski sudah melengkapi Dokumen untuk pengurusan Akta Kematian, serta lengkap dengan surat kuasa pengurusan. Tetap saja Permohonan tersebut di tolak dengan Abdul Malik, dengan alasan yang mengurus harus Ahli Waris.

Hal ini telah mencoreng dalam pengurusan birokrasi yang terkesan mempersulit, dan tidak mengikuti himbauan Presiden untuk mempermudah segala urusan birokrasi.

Permasalahan ini bak Gayung bersambut, pada tanggal, (03/06/20) DPRD Kota Batam mengundang seluruh jajaran di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, guna Rapat Dengar Pendapat (RDP) pembahasan Birokrasi di Disdukcapil Kota Batam. Dikarenakan banyak aduan dari Masyarakat jika berurusan dengan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftara Abdul Malik terkesan dipersulit, namun Abdul Malik tidak turut serta menghadirinya RDP tersebut.

Dengan permasalah ini membuat Komisi l DPRD Kota Batam Gerah, dan lakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada, hari Senin (29/06/20), di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Batam, yang berada di Sekupang.

Sidak tersebut langsung di Pimpin Ketua Komisi l DPRD Kota Batam, Budi Mardiayanto, beserta jajaran dan beberapa Staf di Komisi I DPRD Kota Batam.

Setibanya di kantor Disdukcapil Kota Batam, Komisi l DPRD Kota Batam langsung melakukan sidak yang pertama di ruang pelayanan utama, ruang percetakan KTP, Ruang percetakan akta kelahiran, Ruang pelayanan pengurusan KTP, Ruang perbaikan data, Ruang bidang pemamfaatan data, Ruang inovasi pelayanan, dan ruang kepala dinas Disdukcatpil,

Dalam kesempatan itu Ketua Komisi I, Budi Mardiyanto mengatakan jangan karna satu Orang yang lain jadi kena juga, kami dimintakan oleh warga, agar membantu pengurusan Segala Dokumen di Disdukcapil.

“Kami ini Wakil Rakyat, dimintakan sama warga, ya tidak mungkin Kami sendiri kemari. Makanya kami buatkan orang-orang untuk membantu kelancaran pengurusan dokumen. Saya sendiri saja mengeluarka uang pribadi Saya untuk mengaji, biaya operasional saya yang bayar. Untuk membantu Masyarakat, baik itu KTP, Akte, dan lainnya. Dan itu panggilan sebagai Wakil Rakyat”, Ucap Budi.

Masih dengan Budi Mardiyanto, “Katanya Orang Saya calo, nah.. sekarang saya mau tunjukan, saya yang bayar, keluarkan Operasional itu uang saya pribadi, saya ambil dari gaji. Bukannya saya ambil darimana. Kalau ada yang diminta dari anggota saya, anggota Dewan ini, tunjukan sama Saya, Saya akan ganti Dua kali lipat, nah kelakuan Malik ini perlu dianu betul ini, cuti ternyata. Saya Kasian yang melayani dengan Baik, karna satu Orang yang lain bisa kena”, tegas Ketua Komisi l Kota Batam tersebut.

Sangat disayangkan, Kedatangan Komisi l DPRD Kota Batam tidak bertemu dengan Abdul Malik, dikarenakam cuti yang dimulai hari Senin (29/06/20) sampai dengan (10/07/20). (Ali Saragih)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *