Wabup Lingga, M Nizar, S.Sos : Sistem CAT Tentunya Objektif & Transparan Untuk CPNS Lingga

  • Whatsapp

LINGGA, MEDIATRIAS.com-Wakil Bupati Lingga, M Nizar, S.Sos membuka secara resmi seleksi pengrekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil berbasis computer assisted test (CAT), bertempat di ruangan Aula Kantor Bupati Lingga, hari Selasa (25-02-2020) kemarin.

Wakil Bupati Lingga M. Nizar menyebutkan jika pada sebelum-belumnya seleksi CPNS identik dengan kongkalikong dan kecurangan, namun untuk saat ini, Nizar memastikan jika pada pelaksanaan tahun ini tidak akan ada lagi hal tersebut terjadi.

Muat Lebih

Ia memastikan pemerintah akan menjamin seleksi CPNS ini akan lebih kompetitif, adil, objektif, transparan dan bebas dari KKN, semua itu, jelas dia berkat tes dengan sistem CAT ini, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam perekrutan CPNS meningkat sebab tidak ada lagi celah untuk titip-menitip.

“Dengan sistem CAT ini, anak-anak kita tidak lagi percaya dengan adanya anggapan bahwa mereka bisa lulus jika ketemu si ini dan si anu. Atau melalui perantara dan bantuan orang lain,” kata Wakil Bupati Lingga.

Berdasarkan data yang dihimpun dari seratus enam puluh empat (164) formasi yang dibutuhkan, nantinya hanya ada seratus dua puluh dua (122) formasi yang kemungkinan akan terisi.

Tes ini diikuti 1.124 ribu orang peserta yang lolos pada tahap tes administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Lingga tahun 2019.

Diketahui, (passing grade) dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) mengalami penurunan, menurutnya, dengan adanya penurunan nilai passing grade tersebut bisa membuka peluang untuk para peserta CPNS dalam mengatasi kesulitan nilai pada masa tahap tes.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) nilainya menjadi 65 dari sebelumnya 75, sedangkan untuk tes intelegensia umum (TIU), tak ada penurunan nilai ambang batas, alias tetap 80, kemudian tes karakteristik pribadi itu 126. (HK)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *